Pada
saat mesin dimatikan,pesawat masih perlu masukan listrik untuk instrumen serta
alat kelistrikan lainnya dan juga udara bertekanan (peneumatik)yg disebut bleed
air untuk menjalankan penyejuk udara air conditioning pack.
-pada
pesawat tertentu seperti boeing 787 ,apu hanya memasok tenaga listrik karena
pendingin udara kabin dilalukan oleh perangkat pengatur suhu dg tenaga listrik
saja tanpa tenaga penumatik,begitu pula engine start yg menggunakan listrik
untuk memutar tenaga turbin.
Apu dipakai
pada saat semua mesin dalam keadaan mati,normalnya apu dinyalakan pd saat
pesawat disiapkan akan terbang oleh teknisi ataupun penerbangnya
-apu akan
kembali dinyalakan kembali setelah pesawat mendarat dan sebelum mesin dimatikan
agar kelistrikan AC pack di pesawat tetap digunakan . Untuk turn-arround atau
transit,apu biasanya dibiarkan menyala kecuali di bandar udara yg mengahruskan
pemakian external power dan external AC di parkiran pesawat
Tempat APU di pesawat boeing 737 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar